Hairudin Buton

- Anggota DPRD Kabupaten Wakatobi - Pimpinan Cabang GP ANSOR Kabupaten Wakatobi

Soal Dokumen Material Proyek Pelabuhan Wanci, DPRD : Tidak Boleh di tutup tutupi

Soal Dokumen Material Proyek Pelabuhan Wanci, DPRD: Tidak Boleh Ditutup-tutupi

Transparansi dan akuntabilitas dalam proyek-proyek pembangunan merupakan prinsip yang penting untuk memastikan penggunaan dana publik yang efisien dan tepat sasaran. Di tengah isu mengenai proyek Pelabuhan Wanci, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menegaskan bahwa dokumen material terkait proyek tersebut tidak boleh ditutup-tutupi.

DPRD sebagai lembaga yang mewakili kepentingan masyarakat memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan transparansi dalam setiap tahapan proyek pembangunan. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah ketersediaan dokumen material terkait proyek Pelabuhan Wanci. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui informasi tersebut, termasuk rincian anggaran, perencanaan proyek, serta pihak-pihak yang terlibat.

Dalam upaya untuk menjaga integritas dan akuntabilitas proyek, DPRD menekankan bahwa dokumen material harus diungkapkan secara terbuka kepada publik. Hal ini akan memungkinkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya untuk memantau perkembangan proyek dan memastikan bahwa proyek tersebut berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, transparansi dalam dokumen material proyek Pelabuhan Wanci juga penting untuk menghindari adanya potensi penyalahgunaan wewenang dan korupsi. Dengan mengungkapkan informasi secara terbuka, hal-hal yang tidak sesuai dengan peraturan atau potensi penyimpangan dapat terdeteksi lebih awal, sehingga langkah-langkah korektif dapat segera dilakukan.

DPRD juga menekankan bahwa pengawasan terhadap proyek Pelabuhan Wanci harus dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. DPRD berkomitmen untuk memastikan bahwa proyek tersebut memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Keberadaan dokumen material yang transparan dan dapat diakses oleh publik akan memperkuat sinergi antara DPRD, pemerintah, dan masyarakat dalam membangun proyek-proyek pembangunan yang berkualitas dan berkelanjutan. Semua pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang terbuka dan akuntabel, sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Dalam rangka menjaga integritas dan kepercayaan publik, DPRD mengingatkan bahwa dokumen material proyek Pelabuhan Wanci tidak boleh ditutup-tutupi. Dengan adanya transparansi, masyarakat dapat memperoleh informasi yang jelas dan dapat mengawasi jalannya proyek tersebut. Hal ini merupakan langkah penting menuju pembangunan yang berkelanjutan dan mewujudkan keadilan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Selengkapnya...